Saturday 11 February 2012

SIMULASI DAN PERMAINAN DALAM BELAJAR KEWIRAUSAHAAN UNTUK SISWA-SISWAKU DI SMKN 2 BANDUNG



Memasukkan Gambar ke dalam amplop
Teknis Permainan: Amplop yang berisi berbagai macam jenis gambar dibagikan ke seluruh siswa. Kemudian menyuruh mereka untuk membuat kalimat motivasi, inovasi, kreatif, semangat. Setelah itu bagi menjadi 6 kelompok. Setiap siswa dalam kelompok harus menyambungkan kalimat penyemangat tersebut menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan dan dapat memberikan motivasi dalam belajar.
Inilah kalimat-kalimat motivasi hasil karya kelas X.TM_04 SMKN 2 Bandung

Kelompok 1

1.Dalam gambar ke satu kita harus memiliki jiwa pemimpin dan semangat menuju kemenangan.
2.Dalam gambar kedua, untuk dapat menjadi seorang juara tidaklah gampang perlu banyak usaha dalam membuat tim kita menjadi kompak dan unggul dalam permainan sepak bola.
3.Dalam gambar ketiga, meskipun nenek itu sudah tua tapi dia mempunyai semangat karena nenek tersebut melestarikan karya seni tarian tradisional.
4.Dalam gambar ke empat, meskipun permainannya tidak sebagus dahulu pada saat dia muda tetapi dia tetap semangat untuk membela timnya.
5.Pada gamabar ke lima, Si Ronaldo dapat meneluarkan motivasi dalam bermain bola seperti mencetak gol yang sangat spektakuler. Intinya dunia pasti berputar, ada saatnya semua harus berubah.

Kelompok II

1.Dengan kesuksesan dan kesabaran seseorang dapat menghasilkan suatu pekerjaan yang baik dan memuaskan.
2.Kepiawaian seseorang bisa dijadikan/dimanfaatkan sebagai motivasi hidup dalam mencari kesuksesan.
3.Dengan semua itu dapat disimpulkan hasil yang kita peroleh dapat dimanfaatkan sebagai penunjang kehidupan, rumah mewah, mobil, dan yang lainnya adalah bonusnya.

Kelompok III

1.Dalam kehidupan berwirausaha seperti sebuah bola yang berputar, terkadang kita berada pada kesuksesan dan terkadang pula kita mengalami kegagalan. Dan kita harus menghadapinya dengan segala daya upaya untuk mencapai kesuksesan.
2.Dalam mencapai kesuksesan itu kita harus memiliki semangat, motivasi, dan kreativitas. Dan bila kita mengalami kegagalan kita harus berusaha dengan menggunakan semangat, inovasi, dan kreativitas.
3.Kita akan memulai kehidupan baru dalam berwirausaha bagaikan bintang yang redup menjadi bintang yang terang benderang.

Kelompok IV

1.Kami ingin mempunyai semangat yang tinggi seperti Tazmania dan mempunyai energy yang tidak kunjung surut. Jika sikap itu ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari jelas akan berguna dan berdampak positif. Selain itu, tazmania adalah toko kartun yang kuat dan juga dapat diterapkan di kehidupan. Contohnya, akan selalu kuat dalam menghadapi permasalahan. KEEP STRONG TO MY LIFE.
2.Dalam gambar selanjutnya, kami pengen menjadi orang kuat dan dapat membela Negara dengan struktur yang nyata.
3.Ingin mempunyai semangat yang berkobar seperti yang tertanam di dalam diri Julio Cesar dan Jefferson yang tidak pernah luntur walaupun ditempa apapun dalam dirinya.

Kelompok V
1.Seorang pemain bola harus memiliki semangat untuk menjalankan tugas-tugasnya seperti harus menjaga pertahanankawan dan mengacak-acak pertahanan lawan serta membobol gawang lawan agar dapat memuaskan para supporter. Seperti halnya dengan wirausaha, bila pelanggan senang kita pun senang dan akan mendapatkan banyak keuntungan.
2.Setelah kita berusaha kita harus beristirahat agar jasmani dan rohani sehat. Salah satunya dengan tidur teratur di kasur yang nyaman.
3.Kita juga perlu berolahraga agar fisik kita sehat. Salah satunya dengan bersepeda di pagi hari karena bersepeda membuat badan kita sehat dan tidak menimbulkan polusi.
4.Kita juga harus seperti peri yang bisa terbang bebas menggapai cita-citanya. Jikalau ada masalah selalu tersenyum dan baik hati demi menggapai kesuksesan.
5.Bila kita sudah sukses kita harus menabung karena menabung di bank dijamin keamanannya untuk masa depan kita.

Kelompok VI
1.Seorang wirausaha harus memiliki semangat yang tinggi sehingga akan menghasilkan sesuatu yang baik.
2.Seorang wirausaha harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
3.Seorang worausaha harus memiliki rasa optimis.
4.Seorang wirausaha harus aktif dalam mempromosikan barang dagangannya.
5.Seorang wirausaha apabila usahanya gagal, ia tidak boleh langsung menyerah tetapi ia harus terus berinovasi.
6.Seorang wirausaha apabila telah sukses ia harus bersyukur dan harus menjadi motivator wirausaha yang lainnya.
7.Seorang wirausaha harus memiliki sifat seperti bunga yaitu harus terus mengembangkan apa yang ia usahakan.

No comments:

Post a Comment