Friday 10 February 2012

SEJARAH, DEFINISI DAN FUNGSI AKUNTANSI

1.Sejarah Perkembangan Akuntansi

Sejarah perkembangan akuntansi dimulai sejak manusia mengenal perhitungan uang dan membuat catatan. Perkembangan Akuntansi dari Sistem Pembukuan Berpasangan Pada awalnya, pencatatan transaksi perdagangan dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dicatat pada batu, kulit kayu, dan sebagainya. Akuntansi sangat diperlukan keberadaannya oleh berbagai pihak karena dengan melihat catatan-catatan suatu perusahaan atau organisasi akan tergambar aktivitas dari perusahaan atau organisasi yang bersangkutan.
Sejalan dengan perkembangan teknologi dan dunia usaha, maka akuntansi mengalami perkembangan cukup pesat di daratan Eropa yang dikenal dengan sistem Kontinental dan di Benua Amerika yang dikenal dengan sistem Anglo Saxon. Pada abad ke-20 teknologi akuntansi di Amerika Serikat semakin berkembang setelah ditemukannya komputer.
Akuntansi mulai diterapkan di Indonesia tahun 1642, namun jejak yang jelas baru dijumpai pada pembukuan Amphioen Sociteyt yang berdiri di Jakarta tahun 1747. Perkembangan akuntansi mulai tampak setelah undang-undang tanam paksa dihapuskan tahun 1870. Akuntansi sangat luas ruang lingkupnya, diantaranya teknik pembukuan. Setelah tahun 1960, akuntansi cara Amerika (Anglo- Saxon) mulai diperkenalkan di Indonesia. Jadi, sistem pembukuan yang dipakai di Indonesia berubah dari sistem Eropa (Kontinental) ke sistem Amerika (Anglo- Saxon).

2.Pengertian Akuntansi

Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.
Menurut American Institute of Certified Public Accountants, akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam nilai uang, transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya bersifat keuangan dan kemudian menafsirkan hasil-hasilnya.
Pengertian akuntansi menurut American Accounting Association adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasikonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
Pengertian akuntansi di atas dapat diartikan:
a.Aktivitas akuntansi, merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi.
b.Kegunaan akuntansi, yaitu untuk informasi ekonomi yang dihasilkan oleh aktivitas akuntansi diharapkan berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan manajemen mengenai kesatuan usaha dan kelangsungan usaha yang bersangkutan.

3.Fungsi Akuntansi

Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

No comments:

Post a Comment