Wednesday 28 January 2015

Fungsi Operasional Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi operasional dalam Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan basic (dasar) pelaksanaan proses MSDM yang efisien dan efektif dalam pencapaian tujuan organisasi/perusahaan. Fungsi operasional tersebut terbagi 5 ( lima ), secara singkat sebagai berikut:
1.    Fungsi Pengadaan
      Merupakan proses penarikan ,seleksi,penempatan,orientasi,dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan ( the right man in the right place).
2.      Fungsi Pengembangan
    Merupakan proses peningkatan ketrampilan teknis,teoritis,konseptual, dan moral karyawan melalui      pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan  masa kini maupun masa depan.
3.    Fungsi Kompensasi
       Merupakan pemberian balas jasa langsung dan tidak lansung berbentuk uang atau barang kepada karyawan  sebagai imbal jasa (output) yang diberikannya kepada perusahaan. Prinsip kompensasi adalah adil dan layak   sesuai prestasi dan tanggung jawab karyawan tersebut.
4.    Fungsi Pengintegrasian
    Merupakan kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, sehingga  tercipta kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan.Dimana Pengintegrasian adalah hal yang penting  dan sulit dalam MSDM, karena mempersatukan dua aspirasi/kepentingan yang bertolak belakang antara      karyawan dan perusahaan.
5.   Fungsi Pemeliharaan
        Merupakan kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar   tercipta hubungan jangka panjang. Pemeliharaan yang baik dilakukan dengan program K3 ( Keselamatan    dan Kesehatan Kerja ).

No comments:

Post a Comment