Sunday 20 December 2009

SUKSES DALAM BUSINESS


Sukses berarti proses menjadi lebih secara terus-menerus,baik kuantitas maupun kualitas, secara fisik, intelektual, emosional, social, financial,dan spiritual. Sukses merupakan perwujudan progresif tujuan-tujuan yang baik, benar dan bermanfaat bukan saja untuk kepentingan pribadi tetapi juga untuk kepentingan orang lain dan dunia akhirat. Sukses adalah perjuangan (proses) bukan tujuan (hasil). Sukses itu tidak datang dengan sendirinya, ia mesti diciptakan. Sukses sejati adalah ketika kita bisa mensukseskan diri kita sendiri dan orang lain. Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan 1 orang atau lebih individu atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan. Bisnis merupakan sebuah usaha, dimana setiap pengusaha harus siap untung dan siap rugi, bisnis tidak hanya tergantung dengan modal uang, reputasi, keahlian, ilmu, tetapi sahabat dan kerabat dapat menjadi modal bisnis.
Ada tiga hal yang harus dilakukan sebelum memulai sebuah bisnis. Pertama, buat intensi. Ini penting karena kebanyakan dari kita hanya ingin menikmati hasil akhir tanpa mau menjalani proses step-by-step. Intensi diperlukan untuk memelihara semangat kita, terutama ditahap-tahap awal yang berat. Kesempatan kita untuk menjadi sukses bisa naik 80 % dengan kekuatan intensi ini. Kita lebih yakin melangkah dan tidak bingung untuk memulai bisnis. Kedua, menetapkan tujuan (goals). Alokasikan waktu untuk menuliskan apa saja tujuan kita berbisnis. Tulis di atas kertas dan letakkan di tempat-tempat yang kita bisa lihat. Misalnya kaca kamar mandi. Tujuan diperlukan sehinga kita konsisten dalam perjalanan bisnis kita. Kenapa? Karena jalan menuju sukses akan penuh dengan rintangan. Pengusaha sukses meraih kesuksesannya dengan jatuh bangun melewati banyak hambatan di perjalanan. Kita jatuh, kita bangun lagi. Dua hal yang akan terjadi: kita akhirnya sukses atau kita selesai. Kalaupun kita selesai orang lain akan angkat topi dan menghargai perjuangan kita. Pengalaman kita pun semakin kaya. Ketiga, keberuntungan. Mereka yang sukses tidak bisa bilang mereka tidak beruntung. Keberuntungan sangatlah penting. Tetapi keberuntungan tidak akan datang kalau kita tidak mencoba. Kita harus mencoba sekali, dua kali, dan seterusnya hingga pintu keberuntungan terbuka. Mereka yang sukses diberkahi keberuntungan. Triknya adalah jangan berhenti mencoba sampai akhirnya keberuntungan menghampiri kita.Dengan mencoba terus menerus kita akhirnya menjadi mahir dan mengerti cara paling efektif dalam berbisnis. Okay, banyak orang bilang, “9 dari 10 orang dalam bisnis akan gagal”. Tidak perlu khawatir karena kita masih punya kemungkinan 10% untuk sukses. Bandingkan dengan kemungkinan menang undian berhadiah. 10% adalah angka yang realistis dan terbuka untuk keberhasilan. Sekarang bagaimana memulai langkah awal berbisnis. Bisnis adalah tindakan dan tindakan adalah kepanjangan dari pemikiran. Pemikiran sendiri timbul setelah ide turun. Jadi langkah pertama adalah mencari ide tentang bisnis apa yang paling cocok untuk kita . Coba observasi diri kita dan lihat apa yang kita punya yang bisa kita tawarkan ke dunia. Lihat keahlian dan ketrampilan kita. Kemudian perhatikan sekeliling dan amati kegiatan-kegiatan yang mungkin cocok dengan apa yang kita punya dan kita yakin kita bisa mengerjakannya lebih baik.
Kita bisa memulai dari hal yang kita suka atau apapun yang kita biasa lakukan tetapi kali ini buatlah dalam konteks bisnis untuk menghasilkan uang.
Kunci kesuksesan dalam bisnis. Banyak faktor yang menjadikan seseorang bisa sukses. Kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh faktor cerdas dan pintar saja, namun dibutuhkan banyak faktor lain untuk menunjang kesuksesan. Sukses itu penggunaan maksimal potensi diri. Sukses memang memiliki 1001 interpretasi bergantung dari bagaimana kita melihatnya! Jika ada 6 milyar lebih penduduk bumi maka boleh jadi ada 6 milyar lebih juga interpretasi dan tafsiran mengenai apa itu sukses. Sukses lebih jauh menurut hemat saya adalah penggunaan secara maksimal potensi diri. Sukses adalah bertemunya Kesempatan dan Persiapan.
Arti penting bisnis dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hujan turun akan timbul pelangi yang berwarna-warni. Di dalam kehidupan kita, tidak mungkin kesusahan hidup akan menghinggapi kita terus menerus. Ingat, Tuhan tidak akan mengubah nasib manusia kecuali manusia itu sendiri yang harus berusaha mengubahnya! Cobaan yang diberikan Tuhan kepada manusia pasti akan mampu kita sandang. Jika kita mau berusaha sekuat tenaga, gigih dan pantang menyerah, berani mengambil resiko menangkap peluang maka nasib kita akan berubah. Kebahagiaan pasti akan datang. Kesuksesan yang kita idam-idamkan pasti akan kita raih

No comments:

Post a Comment