Sunday 20 December 2009

TEGAKNYA EKONOMI SYARIAH

Krisis ekonomi global saat ini menjadi isu hangat yang selalu hadir di media cetak dan media elektronik, dimana setiap pemberitaanya itu menimbulkan rasa tanya dan ketertarikan dikalangan masyarakat yang ingin mengetahui permasalahan tersebut. Hal ini terjadi karena permasalahan ekonomi menjadi suatu yang sangat vital dikalangan masyarakat dewasa ini.
Kita dapat menyaksikan kondisi disekitar kita hari ini banyak orang yang kelaparan dan akhirnya menderita busung lapar itu semua akibat dari tidak meratanya perekonomian yang ada di kalangan masyarakat. Tidak hanya itu permasalahan ekonomi global mengakibatkan tinginya angka tindak kriminalitas yang di lakukan oleh masyarakat yang telah dibuat sulit karena tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup pribadi dan keluarganya, yang mereka ketahui sekarang segala kebutuhan hidup menjadi mahal, harga-harga naik karena kebijakan-kebijakan yang di tetapkan oleh pemerintah membuat sulit mereka maka dari itu mereka pun tidak dapat berpikir jernih lagi sehingga mereka melakukan tindakan yang melanggar hukum tersebut.
Permasalahan ekonomi diatas menjadikan koreksi untuk kita dan memotivasi diri kita untuk memberi perubahan dalam perekonomian masyarakat. Dalam hal ini kita harus mengetahui terlebih dahulu akar permasalahanya. Secara global krisis ekonomi terjadi karena sistem ekonomi yang di gunakan adalah sistem ekonomi kapitalis yang dimana sistem ini telah menyingkirkan emas sebagai cadangan mata uang dan dimasukannya dolar Amerika sebagai pendamping mata uang dalam perjanjian Bretton Woods, setelah berakhirnya perang dunia II. Kemudian sebagai substitusi mata uang pada awal dekade 70-an, telah mengakibatkan dolar Amerika mendominasi perekonomian global. Akibat dari itu, goncangan ekonomi sekecil apapun yang terjadi di Amerika pasti akan menjadi pukulan telak bagi perekonomian negara-negara lain.
Alasan lain yaitu adanya peminjaman uang yang disertai dengan bunga (riba), sistem yang digunakan di bursa pasar modal yaitu jual beli saham,obligasi dan komoditi tanpa adanya syarat serah terima komoditi yang bersangkutan dan ketidaktahuan akan fakta kepemilikan sehingga banyak orang atau perusahaan dapat dengan mudah mengambil hak milik orang lain atau pun hak milik negara (kepentingan umum) seperti minyak, gas, semua bentuk energi, dan industri senjata diambil secara besar-besaran atau dengan kata lain di eksploitasi oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Dari fakta-fakta mengenai sistem kapitalis yang sudah tidak dapat menangani permasalahan ekonomi ini sehingga sebagian umat muslim memberikan suatu solusi dengan menjadikan sistem ekonomi syariah sebagai pengganti sitem ekonomi kapitalis.
Sesungguhnya sistem ekonomi islam satu –satunya solusi yang ampuh dan steril dari semua krisis ekonomi global ini. Karena sistem ekonomi Islam benar-benar telah mencegah semua kekurangan yang ada di dalam sistem ekonomi kapitalis. Dan sudah seharusnya kita sebagai umat muslim mendukung dengan adanya sistem ekonomi Islam sebagai sistem yang akan membangkitkan perekonomian dunia yang sekarang mengalami krisis.
Sistem ekonomi Islam sangat berkebalikan dengan sistem kapitalis, system ini telah menetapkan bahwa emas dan perak merupakan mata uang, bukan yang lain, sistem ekonomi islam melarang riba, juga menetapkan pinjaman untuk membantu orang-orang yang membutuhkan tanpa tambahan bunga dari uang pokoknya, selanjunya sistem ekonomi Islam melarang penjualan komoditi sebelum dikuasai oleh penjualnya.karena itu haram menjual barang yang bukan menjadi milik seseorang. Haram memindah tangankan kertas berharga, obligasi, dan saham yang dihasilkan tanpa adanya serah terima terlebih dahulu. Islam juga mengharamkan semua sarana penipuan dan manipulasi karena itu merugikan orang lain dan itu perbuatan dzolim yang sangat dibenci oleh Allah.yang terakhir sistem ekonomi Islam juga melarang individu, institusi dan perusahaan untuk memiliki apa yang menjadi kepemilikan umum, seperti minyak, tambang, energi dan listrik yang digunakan sebagai bahan bakar, Islam menjadikan negara sebagai penguasanya sesuai dengan ketentuan hukum syariah.
Begitulah sistem ekonomi Islam benar-benar telah menyelesaikan semua kegoncangan dan krisis ekonomi yang menakibatkan derita manusia.sistem ini merupakan sistem yang diwajibkan oleh Allah SWT dalam firman Alquran Surah Al-Mulk [67]: 14 dan Yusuf [12]: 21.
Sudah sangat jelas bahwa untuk menghadapi krisis ekonomi global ini kita harus mengganti sistem ekonomi yang telah ada yaitu sistem ekonomi kapitalis dengan sistem ekonomi syariah yang berlandaskan agama Islam yang diridhoi oleh Allah.

No comments:

Post a Comment