Saturday, 1 January 2011

CATATAN/CURHATANKU TENTANG "EVALUASI PEMBELAJARAN"

Dalam mata kuliah Evaluasi pembelajaran yang saya rasakan adalah awalnya timbul sebuah pertanyaan dalam hati ini. Kenapa ada mata kuliah yang khusus untuk membahas tentang evaluasi? Lalu, apa sebenarnya tujuannya? Ada sebuah kepenasaran yang mendalam muncul dalam diri ini. Ntah kenapa dan dengan alasan apa pertanyaan itu lahir dalam lubuk hatiku.
Untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, hanya satu solusinya yaitu dengan mengikuti setiap perkuliahan dan menjalankan setiap prosedur yang telah ditetapkan. Waktu demi waktu kulalui untuk mencoba menggali lebih dalam lagi tentang evaluasi pembelajaran. Dimulai dari mengikuti perkuliahan dengan baik sampai dengan mengerjakan setiap amanah/tugas yang terkait dengan mata kuliah evaluasi pembelajaran. Kini akhirnya saya tahu bahwa yang namanya sebuah evaluasi bukan hanya diakhir tapi juga dari awal, tengah dan juga akhir. Dan kusadari juga bahwa ternyata untuk memberikan sebuah nilai itu tidak mudah. Banyak hal yang mesti dilihat dan dipertimbangkan. Memberikan nilai tidak hanya sekedar memberikan secara asal-asalan tapi harus benar-benar dilihat dari berbagai segi dan disertai dengan perhitungannya.
Jujur, ada sebuah rasa bangga dalam diri ini terhadap guru dan juga dosen. Kalau ditanyakan kenapa bangga? Maka dengan tegas saya akan menjawab bahwa saya bangga dengan guru dan dosen karena bagi saya mereka adalah orang-orang biasa yang luar biasa. Kenapa luar biasa? Karena mereka mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh profesi-profesi lainnya. Dibalik ketegasannya, ada kelembutan yang menghiasi hatinya. Tutur katanya, sikapnya adalah tauladan bagi peserta didik. Tidak ada kata menyerah dan bahkan putus asa. Tapi yang ada dalam dirinya adalah kata sabar dan semangat. Karena bagi mereka semangat yang ada dalam dirinya akan melahirkan semangat-semangat yang menggelora dan membumbung tinggi dalam diri peserta didiknya. Contoh, ketika guru/dosen melakukan sebuah evaluasi terhadap peserta didik, maka dengan kesabaranya mereka pun mengikuti setiap proses penilaian. Waktu adalah kehidupan baginya. Terlebih ketika misalnya ada tugas, UTS dan UAS. Hari-harinya diisi dan dimanfaatkan dengan memeriksa hasil ujian peserta didiknya. Karena kembali ke tadi yang saya katakan bahwa penilaian bukan hanya sekedar penilaian. Tapi penilaian yang dilakukannya benar-benar sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan walau ada beberapa guru/dosen yang belum melakukan hal itu.
Ketika kita berbicara tentang evaluasi maka baik secara langsung maupun tidak langsung kita juga berbicara tentang penilaian dan pengukuran. Ternyata untuk menjadi seorang guru/dosen tidak mudah. Saya sangat bangga kepada guru/dosen yang memberikan sebuah penilaian dan pengukuran yang memang benar-benar objektif.
Saya merasakan hal itu ketika pada suatu hari saya diamanahkan untuk memeriksa tugas teman sekelas. Benar-benar sangat menyentuh hati saya karena pada saat saya diamanahkan untuk memeriksa tugas teman-teman kelas adalah muncul sebuah bayangan/khayalan subhanallah guru-guru dan dosen-dosen saya yang hari-harinya adalah mengabdikan dirinya bagaimana kemudian mereka bisa melahirkan generasi-generasi terbaik untuk masa depan.
Dan yang paling terasa manfaatnya selama belajar mata kuliah evaluasi pembelajaran adalah tidak hanya belajar menilai orang lain tapi juga benar-benar membuat diri saya sadar akan pentingnya sebuah evaluasi dalam apapun, baik dalam pendidikan, organisasi dan dalam kehidupan kita pada umumnya.

No comments:

Post a Comment