Monday 23 May 2011

PENGARUH GAMES ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK


“Barang siapa ingin menguasai dunia dengan ilmu, barang siapa ingin menguasai akhirat dengan ilmu, dan barang siapa ingin menguasai kedua-duanya juga harus dengan ilmu” (Al-Hadist).
Moral berasal dari bahasa latin mores, yang artinya adat istiadat, kebiasaan atau cara hidup. Kata mores mempunyai sinonim mas, moris, manner mores atau manners, morals. Dalam bahasa Indonesia kata moral berarti akhlak atau kesusilaan yang mengandung makna tata tertib hati nurani yang membimbing tingkahlaku batin dalam hidup. Kata moral sarna dengan istilah etika yang berasal dari bahasa Yunani ethos, yaitu suatu kebiasaan adat istiadat. Secara etimologis etika adalah ajaran tentang baik dan buruk, yang diterima umum tentang sikap dan perbuatan.
Akhir-akhir ini bagi para kalangan pelajar mungkin tidak asing dengan permainan game online. Bisnis warnet yang berada di belakang berkembangannya permainan game online ini menjamur di kota-kota besar di Indonesia. Perkembangan warnet di Indonesia saat semenjak beberapa tahun ini terlihat sangat pesat. Bayangkan saja jumpai hampir disetiap pinggir jalan dapat kita temui beberapa warnet yang menyediakan fasilitas internet untuk browsing maupun game online. Dari hasil survey yang kami lakukan, di beberapa warnet ini umumnya terlihat dipenuhi oleh kalangan pelajar yang tak kelak selalu datang untuk menghabiskan waktunya bermain game online dan terkadang mereka rela untuk tidak masuk sekolah ( bolos ) hanya demi bermain game online. Apa yang dilakukan pelajar tersebut terkadang tanpa diketahui oleh orang tua mereka, ada saja alasan mereka untuk meyakinkan orang tua nya, entah itu belajar di rumah teman, atau ada acara sekolah. Dalam hal ini seharusnya para orang tua harus lebih memperhatikan lagi anak – anak mereka, paling tidak mengetahui kemana mereka setelah pulang sekolah.
Untuk mengetahui lebih dalam fenomena ini, kami mencoba melakukan survey langsung dan sekaligus wawancara kepada beberapa Operator di warnet tersebut diantaranya Smart Net, CROCS Net dan Zeon Online Game. Kemudian kami melontarkan beberapa pertanyaan kepadanya, diantaranya adalah :
1. Pertanyaan: “Biasanya warnet buka mulai jam berapa sampai jam berapa?”,
Jawabnya :
Jawaban dari warnet-warnet tempat kami melakukan survey rata-rata jawabannya adalah 24 jam. Namun ada sedikit perbedaan di Zeon Online Game, dimana Zeon Online Game membagi waktu kerja menjadi pagi jam 07.00-12.00, siang 01.00-06.00, dan malam 07.00-23.00 dan 00.00-07.00
2. Pertanyaan: “Penggunanya usia berapa ?”
Jawabnya :
“Rata – rata pengguna Game Online adalah anak SD, SMP, SMA dan ada juga mahasiswa dan umum”
3. Pertanyaan: “Mayoritas pengguna Game Online pelajar tingkat apa?”,
Jawabnya :
Dari jawaban hasil survey kami di beberap warnet, Crocs Net menjawab kebanyakan yang sering menggunakan Game Online adalah anak SMP. Sedangkan untuk Zeon Online Game menjawab dominannya adalah anak SMA dan Mahasiswa. Dan untuk Smart Net menjawab kebanyakan pengguna Game Online adalah dari anak SMA
4. Pertanyaan: “Game Online apa saja yang tersedia?”
Jawabannya:
Di semua warnet tempat kami survey mengatakan bahwa Game Online yang tersedia adalah semua jenis Game Online.
5. Pertanyaan: “Game Online yang sering digunakan apa?”
Jawabnya:
Smart Net dan Crocs Net menjawab, biasanya Game yang sering digunakan adalah point Blank, Dota, RF, PB dan yang lainnya. Namun di Zeon Online Game yang digunakan banyak karena memang disana khusus untuk melayani game online, tidak untuk browsing dan yang lainnya.
6. Pertanyaan: “Apakah ada batasan-batasan dalam menggunakan Game Online?”
Jawabannya:
Di semua warnet tempat kami melakukan survey, mereka mengatakan bahwa dalam penggunaan Game Online tidak ada batasan waktu dari pihak warnet. Jadi, pemakaiannya tergantung dari user. Dan warnet hanya melayani dan memberikan pelayanan yang dapat memuaskan user.
7. Pertanyaan: “Apakah anak yang usianya 7-12 tahun diawasi oleh orang tuanya ketika lagi menggunakan Game Online diwarnet?”
Jawabannya:
Warnet-warnet tempat kami melakukan survey mengatakan anak yang usianya 7-12 tahun terkadang diawasi sama orang tuanya dalam menggunakan Game Online tapi dominannya banyak yan gtidak diawasi.
8. Pertanyaan: “Bagaimana pendapat anda tentang anak yang main Game Online pada saat jam sekolah?”
Jawabannya:
Smart Net dan Crocs Net mengatakan bahwa kebanyakan pelajar/pengguna dari Game Online mengunjungi warnet di luar jam sekolah. Namun di kedua warnet itu, tidak menggunakan aturan seperti di Zeon Online Game. Dimana Zeon Online Game menerapkan aturan-aturan bagi user. Salah satu aturan yang diterapkannya adalah dihimbau untuk tidak memakai pakaian sekolah dan adanya pemisahan ruangan bagi user yang merokok dengan yang tidak merokok.
9. Pertanyaan: “Berapa pendapatan/profit anda per hari?”
Jawabannya:
Smart Net mengatakan bahwa pendapatannya perhari 300-400 ribu. Crocs Net mengatakan rahasia, ia tidak mengungkapkan pendapatannya. Sedangkan Zeon Online Game menyebutkan pendapatan per harinya sebesar 2 juta.
10. Pertanyaan: “Bagaimana pendapat anda tentang pengaruh Game Online terhadap perkembangan moral anak?”
Jawabannya:
Semuanya menjawab sangat berpengaruh. Tapi dalam hal ini, tergantung dari pengguna Game Online bagaimana bisa memaknai apa yang seharusnya dan yang tidak seharusnya dilakukan. Seperti memilih dengan baik game-game yang akan dimainkan.

Kemajuan iptek memang tidak salah dan tidak perlu bahkan tidak mampu kita membendungnya. Tetapi membendung kemerosotan moral anak-anak adalah suatu kewajiban bersama. Karenanya orang tua harus mampu bertindak mirip pelatih atau guru di bidang emosi. Agar orang tua dapat menjadi pelatih yang efektif di bidang ini, mereka harus memiliki pemahaman yang cukup baik tentang dasar-dasar kecerdasan emosional.
Saran untuk pembaca (terutama yang masih kebablasan dalam bermain internet (game online) adalah jangan menjadikan kegiatan bermain game online menjadi suatu keharusan yang menyebabkan terbengkalai nya hal-hal lain yang lebih utama, jadikan game online sebagai hiburan saja yang sesekali menenangkan dikala suntuk, jangan lupa ibadahnya ketika bermain. Orang tua hendaknya menanamkan pendidikan moral dan akhlak kepada anak-anaknya dari sejak dini.

No comments:

Post a Comment