Sabtu, 08 Oktober 2011

MENERAPKAN SIKAP DAN PERILAKU KERJA PRESTATIF

A.Pengertian tujuan dan manfaat kerja prestatif
1. Pengertian kerja prestatif adalah bekerja selalu ingin maju/berubah menjadi terbaik
2. Ciri-ciri kerja prestatif menurut Stephen Corvey
a. Self awarness, yaitu sikap mawas diri terhadap kelebihan dan kekurangan diri sendiri
b. Couscience, yaitu mempertajam suara hati, seraya memunculkan keunikan
c. Independent will, yaitu pandangan mandiri untuk bekal bertindak
d. Creative imagination, yaitu berpikir dan mengarah ke depan untuk memecahkan dengan imajinasi dan adaptasi dengan tepat.
3. Manfaat kerja prestatif bagi wirausaha
a. Memiliki tenggang rasa
b. Peka dalam komunikasi
c. Inisiatif terampil
d. Mampu menguasai diri
B.Jenis-jenis kerja prestatif
a. Kerja ikhlas
Kerja ikhlas adalah bekerja dengan bersungguh sungguh dapat menghasilkan sesuatu yang baik dan dilandasi dengan hati yang tulus.
“seseorang buruh pabrik yang bekerja dengan gaji pas pasan namun tetap bekerja dengan baik melaksanakan pekerjaan dengan tulus dan semata mata merupakan pengbdiak kepada pekerjannya yang menghasilkan uang untuk keperluan hidup keluarga”
b. Kerja mawas terhadap emosional
Kerja mawas terhadap emosional adalah bekerja dengan tidak terpengaruh oleh perasaan kemarahan yang edang melanda jiwanya.
“seorang pemimpin perisahaan dirumah mempunyai masalha pribadi dengan keluarganya ditempat kerja ada bawahannya yangmembuaat masalh yang merugikan perusahaan perusahaan ssebagai pimpinan yang bijaksana maka pimpinan tersebut harus dapat membedakan urusan pribsd dengan urusan perusahaan cara pemevahan masalahnya harus tetap rasional dan tidak emosional”
c. Kerja cerdas
Kerja cerdas ialah bahwa di dalam bekerja harus pandai memperhitungkan resiko mampu melihat peluang dan dapat mendari solusi sehingga dapat mencapai keuntungan yang diharapkan .
“Perilaku sikap pekerja cerdas dalam melakukan setiap pekerjaannya menggunakan teknologi yang tepat menggunakan konsep hitung menghitung matematika memakai meggunakkan bahasa global pandai bernegosiasi berkomuikasi dan pandai pula mengelola informasi.”
d. Kerja keras
Arti kerja keras ialah bahwa dalam bekerja kita harus mempunyai sifat mampu kerja atau gila kerja untuk mencapai sasaran yangj ingin di capai .mereka dapat memanfaatkan waktu yang optimal sehingga kadang kadang ,wirausahan akan bisa mengutarakan pendapat,pikiran dan lperasaanya melalui ucapan kata kata yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan,sehinggan apa-apa yang di ucapkan dapat di mengerti oleh lawan bicara.
e. Kerja tuntas
Mampu mengorganisasikan bagian usaha secara terpadu dari awal sampai akhir untuk menghasilkan usaha sampai selesai dengan maksimal.
C.Kompetisi yang harus dimiliki wirausaha untuk kerja prestatif
1. Proaktif, selalu ada inisiatif dan tegas dalam melaksanakan tugasnya
2. Berorientasi pada prestasi
D.Prinsip-prinsip kerja prestatif
1. Heart, bekerja dengan hati yang tulus ikhlas
2. Hard, bekerja keras untuk meraih yang kita inginkan
3. Head, bekerja dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki untuk menunjang pekerjaan

Sumber : Kewirausahaan, SMK Kelas X, Iman Firmansyah S.pd, Yoeningsih S.pd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar